Rowo Bayu

Ticker

6/recent/ticker-posts

Pantau Ajang Balap Pesepeda Ultra Event "Race Around Java (RAJ) 2024"

Pantau Ajang Balap Pesepeda Ultra Event "Race Around Java (RAJ) 2024"

Racemap RAJ Race Arround Java 2024

Entah kenapa kalau sudah mendengar kata "sepeda", saat ini rasanya bahagia nan penuh semangat. Rasanya selalu ingin nginthil (mengikuti) kabar-kabarnya dan bahkan ada keinginan untuk ikut walau masih dalam angan-angan yang mungkin tidak saja terwujud. Ah sudahlah, yang ikut gembira riang dulu. Itu cuma perihal uang dan waktu. heheheh

Perlu diketahui, Race Around Java adalah sebuah event balap untuk para pesepeda ultra, yang artinya event sekali balapan yang menempuh jarak sampai ribuan kilometer dan bisa ditempuh sampai dengan beberapa hari dengan ketentuan cut off time (COT) tertentu, tanpa support apapun.

RAJ akan start pada tanggal 06 juli 2024 COT selama 14 hari 18 jam sampai tangaal 20 juli 2024.

Sebut saja yang sudah ada selama ini di indonesia seperti Bentang Jawa dengan jarak 1500 km-an yang akan kembali digelar agustus depan mulai ujung barat pulau jawa dan finish ujung timur pulau jawa yaiutu Banyuwangi.

Nah kali ini, Race Aroud Java adalah race yang mirip dengan Bentang Jawa tapi jaraknya lebih jauh yaitu sekitar 3000 km mengelilingi pulau jawa start mulai Jakarta ke arah barat pantai jawa melewati pangandaran dan terus melalui sisi selatan pulau jawa dengan jalur deandles-nya dan terus mengarah ketimur Jawa sampai Banyuwangi. Dari Banyuwangi dilewatkan jalur tengah melewati gunung Ijen yang terkenal dengan erek-erek ijen-nya dan sudah dilewati oleh beberapa event balapan sepeda seperti East Java Journey dan tentu saja event balapan dengan pembalap pro Tour de Banyuwangi Ijen yang juga akan dilaksanakan pada 22-25 juli 2024 ini.

Setelah melewati Ijen terus dilanjutkan menuju jalur situbondo dan pasuruan. Lanjut menuju kediri jalur tengah ke madiun dan purwokerto, garut, Bandung dan kembali lagi ke Jakarta.

Ada nama-nama yang sudah tidak asing lagi di dunia ultra indonesia yang sudah berseliweran di Bentang Jawa seperti Citra, Septi, Fanani dan lain-lain

Saya selaku penggembira bagian penonton yang ikut bergembira sangat gembira dengan adanya event-event seperti ini. Entahlah kenapa bisa ikut gembira, juga tidak tau alasanya. Mungkin saja saya saat ini menyukai kegiatan bersepeda walaupun tidak pernah jarak jauh hanya antar desa antar rumah dengan kantor dengan sepeda federal besinya. heheh

Dari seperti kegiatan sebelum-sebelumnya, dimana saya suka memantau Bentang Jawa, maka saat ini saya juga akan memantau event Race Around Java ini. Ya tentu saja melalui titik-titik yang ada di peta balapan dan update-an cerita postingan beberapa peserta yang kebetulan saya ikuti di akun instagram-nya.

Kegiatan seperti ini dalam istilah keren-nya disebut "DOt Watcher", Mohon koreksi jika penyebutan saya ini salah.

Untuk bisa memantau para pembalap ultra ini anda bisa masuk website : 

https://racemap.com/player/race-around-java/

Anda bisa melihat posisi para peserta idola anda. Saya yakin semua yang sudah lolos menjadi peserta event-event ultra adalah orang-orang yang hebat dan terbaik. Bayangkan saja, anda bersepeda dengan jarak ribuan kilometer tanpa dukungan apapun hanya mengandalkan perlengkapan yang anda bawa dan sebuah doa harapan bisa menyelesaikan semuanya itu dengan baik.

Di atas sadel beberapa hari dengan kondisi cuaca yang tidak bisa ditebak. Maunya panas ketemu hujan, maunya hujan ketemu panas, maunya mendung teduh ketemu langit terang benderang dengan angin. Kadang ketemu longsor di jalur yang dilalui, malam masih ditengah hutan pegunungan.

Coba bayangkan saja, kita saja yang naik mobil tinggal duduk diam manis saja masih sambat "loro boyok" apalagi yang seperti wong-wong gendeng kuwi sepedaan....?. Hahahha


Posting Komentar

0 Komentar